Tentang Hipnosis...

Tentang Hipnosis...

Jika Anda pernah menemukan istilah 'Hypnosis' sebelumnya, maka Anda pasti bertanya-tanya apa arti sebenarnya. Definisi istilah biasanya bervariasi tetapi menurut APA (American Psychological Association) hipnosis adalah interaksi partisipan kooperatif sesuai dengan saran yang diberikan kepada mereka oleh seorang ahli hipnotis.

Pada saat ini, hipnosis telah menjadi sangat populer dan ini disebabkan oleh alasan bahwa orang-orang kagum oleh fakta bahwa mereka diminta untuk melakukan tindakan yang konyol dan tidak biasa. Terlepas dari aspek hiburan yang dimiliki oleh praktik, ini juga berguna ketika datang untuk mengobati kondisi medis tertentu karena memiliki manfaat terapeutik yang telah terbukti secara klinis. Ini terutama meliputi: Kecemasan, rasa sakit dan tanda-tanda demensia.
Bagaimana Hypnosis Bekerja
Banyak orang biasanya berasumsi bahwa hipnotis biasanya didorong oleh motif jahat. Ini karena apa yang media dan film gambarkan sebagai; penjahat tahap yang mengayunkan jam ke depan dan belakang. Dalam arti sebenarnya, kebenaran di balik hipnosis cukup jauh dari jenis stereo dan memiliki sedikit kemiripan dengan gambar yang biasanya digambarkan.
Menurut seorang penghipnotis terkenal dengan nama John Kihlstrom, seorang penghipnotis bukanlah orang yang melakukan prosedur hipnosis tetapi dia lebih sebagai seorang tutor yang membantu orang untuk masuk ke dalam keadaan hipnosis. Kihlstrom juga menambahkan bahwa hipnosis bukanlah keadaan trans di mana individu berada dalam keadaan seperti tidur tetapi lebih merupakan keadaan terfokus yang dicirikan oleh sugestibilitas yang tajam. Ini akibatnya membuat orang tersebut mengalami lebih banyak fantasi yang hidup.
Efek Hipnosis
Efek hipnotis bervariasi dari satu orang ke orang berikutnya. Pada beberapa individu, mereka umumnya akan memberikan kesaksian tentang perasaan terpisah dan sangat rileks juga. Orang lain merasa bahwa perilaku mereka berada di luar kesadaran mereka sehingga mereka tidak menyadari apa yang mungkin mereka lakukan ketika mereka berada di bawah hipnosis. Anehnya, ada beberapa individu yang cukup menyadari semua percakapan yang mereka lakukan bahkan ketika berada di bawah hipnosis.
Para peneliti tetap mengungkapkan bahwa hipnosis dapat mengubah persepsi secara dramatis. Hal ini disebabkan oleh alasan bahwa ketika seorang individu diinstruksikan untuk tidak merasakan sakit misalnya, dia dapat menahan rasa sakit yang seharusnya tidak akan gagal. Individu yang tidak berada di bawah hipnosis tidak dapat menahan rasa sakit ketika mereka terkena kondisi yang sama.
Penggunaan Hypnosis
Hipnosis dapat berguna dalam beberapa kasus terutama dalam mengobati penyakit kronis seperti rheumatoid arthritis. Wanita hamil juga dapat memperoleh banyak manfaat dari terapi karena meringankan rasa sakit selama melahirkan anak. Ini juga dapat digunakan untuk mengurangi tanda-tanda demensia. Kelompok pasien lain yang mendapat banyak manfaat dari perawatan hipnoterapi adalah korban kanker karena membantu mengurangi gejala muntah dan mual.
Prosedur gigi yang rumit sangat menyakitkan dan hipnosis membantu pasien dengan mengendalikan jumlah yang dialami. Psoriasis dan kutil adalah kondisi kulit yang dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sepenuhnya dengan menggunakan teknik ini. Selain itu, pasien yang menderita 'Irritable Bowl Syndrome' dapat menikmati kesehatan yang luar biasa sekali lagi berkat hipnosis.
Bisakah Anda Benar-benar Dihipnotis?
Banyak orang berasumsi bahwa hipnosis tidak dapat bekerja pada mereka tetapi penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa mereka salah. Ini karena sejumlah besar orang yang pada awalnya mengklaim bahwa mereka tidak dapat terhipnotis sebenarnya akhirnya menanggapi saran dari hipnotis. Selain itu, ditemukan juga bahwa anak-anak lebih rentan daripada orang dewasa ketika dihipnotis. Namun, statistik yang sama mengungkapkan bahwa sekitar 10% orang dewasa yang hadir tidak mungkin untuk dihipnotis. Individu-individu yang umumnya terserap ke dalam fantasi dengan mudah adalah orang-orang yang terhipnotis lebih cepat daripada yang lain.
Jika Anda tertarik pada prosedur hipnosis, disarankan untuk memastikan bahwa Anda menjaga pikiran Anda terbuka ketika mendekati pengalaman. Ini agar Anda dapat memperoleh manfaat dari hipnosis karena para peneliti telah menyarankan bahwa individu yang melihat pengalaman dalam perspektif positif cenderung mendapat manfaat besar dari itu karena mereka merespons dengan cara yang jauh lebih baik.
Teori Terkait dengan Hipnosis
Ada beberapa teori yang mengelilingi hipnosis pada dasarnya tetapi yang paling dikenal adalah yang diletakkan oleh Hilgard. Menurut teori ini, individu yang berada di bawah hipnosis memiliki aktivitas mental yang terbagi yang dibawa oleh kesadaran yang telah dibedah menjadi dua. Ini berarti bahwa salah satu bagian dari kesadaran merespon pada saran-saran yang diberikan oleh ahli hipnotis kepada individu sementara yang lainnya relatif sadar akan apa yang terjadi di daerah sekitarnya.
Ada juga mitos lain yang terkait dengan hipnosis tetapi sebagian besar tidak pernah terbukti benar. Misalnya, banyak orang biasanya berasumsi bahwa mereka tidak akan dapat mengingat peristiwa yang terjadi ketika mereka berada di bawah hipnosis. Amnesia biasanya terjadi tetapi dalam banyak kasus, individu biasanya mampu mengingat semua yang terjadi meskipun beberapa mungkin melupakan beberapa rincian tentang apa yang terjadi sebelum prosedur hipnosis dimulai.
Hipnosis adalah prosedur yang dapat digunakan untuk kebaikan terutama dalam perawatan berbagai kondisi medis. Aspek luar biasa lainnya dari prosedur ini adalah fakta bahwa individu tidak dapat terhipnotis melawan kehendak mereka yang bertentangan dengan kepercayaan populer. Meskipun hipnotis dapat membuat Anda melakukan tindakan tertentu yang biasanya tidak Anda lakukan, mereka tidak memiliki kendali penuh atas Anda. Telah dilaporkan dalam beberapa kasus bahwa seorang ahli hipnotis mampu membuat peserta melakukan hal-hal tertentu yang bertentangan dengan moral atau nilai-nilai mereka.
Semua dalam semua, adalah mungkin untuk meningkatkan kinerja mental Anda melalui hipnosis tetapi ini tidak berarti bahwa Anda akan menjadi lebih kuat atau lebih atletis dalam hal ini. Anda hanya akan dapat memanfaatkan kemampuan yang sudah ada yang sudah Anda miliki karena mereka akan didorong secara eksponensial.

Comments

Popular posts from this blog

Alasan Untuk Pertimbangkan Sekolah Hipnosis

bedanya Self Hypnosis dengan Hipnotisme Panggung